rambulalulintas.co.id, Lampu lalu lintas yang selama ini berjasa mengatur ketertiban jalannya kendaraan di jalan raya, ditemukan 101 tahun lalu! Pertama kali dipasang pada 5 Agustus 1914 di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Lester Wire, seorang polisi dari Kota Salt Lake, yang mendesain lampu berjasa ini. Apa saja sih, fakta unik lain yang perlu kamu ketahui? Check it out

 

1.Ternyata Lampu Lalu Lintas Pertama Hanya Ada 2 Warna Lampu

Ternyata pada saat pertama kali lampu lalu lintas didesain dan digunakan, hanya ada dua warna; merah dan hijau. Nah, sebelum ada lampu kuning, mereka menggunakan dengungan dan suara lonceng. Jadi ketika lampu akan berganti, dengungan dan suara tersebut akan berhenti. Penambahan ini ternyata bukan ide dari orang lain, yang bernama James Hope.

  1. Tahukah Anda Jalan Pertama yang Menggunakan Lampu Lalu Lintas Berada di Daerah Mana ?

Jalan pertama yang menggunakan lampu lalu lintas adalah East 105th Street dan Euclid Avenue di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

  1. Tahun Berapakah Pengatur Waktu Pada Lampu Lalu Lintas Pertama Kali Digunakan?

Kamu tahu, kan kalau ada pengatur waktu yang berjalan mundur di lampu lalu lintas? Nah timer itu ternyata digunakan sejak tahun ’90-an. Pertama kali digunakan pada tahun 1996, di Hampton, Virginia, Amerika Serikat. Timer ini gunanya supaya pejalan kaki tahu, berapa lama waktu yang mereka miliki untuk menyebrang jalan.

  1. Pada Tahun 1927 Lahirlah Lampu Lalu Lintas Pertama yang Memiliki 3 Lampu

Lampu lalu lintas pertama yang memiliki tiga lampu; merah-kuning-hijau pertama kali digunakan di Inggris tahun 1927, di London. Lampu lalu lintas ini belum bekerja secara otomatis. Jadi pak polisi di sana pada waktu itu yang mengganti lampu secara manual.

 

  1. Lampu Lalu Lintas Otomatis Pertama

Baru pada tahun 1927 di Wolverhampton, Inggris, lampu lalu lintas yang bekerja secara otomatis dipasang

If you like this post, then please consider retweeting it or sharing it on Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *